Lowongan

Spesialis Karbon Biru

Pos Patroli laut di Pulau Jawa
Pos Patroli Pulau Jaam, Misool, Raja Ampat © Nugroho Arif Prabowo

Spesialis Karbon Biru memberikan dukungan teknis dan ilmiah untuk inisiatif konservasi di Indonesia melalui Strategi Ketahanan Pesisir YKAN untuk membantu mengisi kesenjangan kapasitas dan pengetahuan kritis dan berkontribusi pada perluasan Solusi Iklim Alami (NCS) skala besar, khususnya di bidang tambak udang dan restorasi mangrove. Solusi Iklim Alami menawarkan mitigasi perubahan iklim berbasis alam melalui perlindungan, pengelolaan berkelanjutan, dan restorasi hutan, lahan basah, padang rumput, dan lahan pertanian. Spesialis akan bekerja sama erat dengan staf dan kemitraan lain dalam mendukung panduan, desain, dan implementasi penelitian, termasuk analisis dampak, penilaian manfaat bersama, dan analisis potensi mitigasi perubahan iklim untuk solusi berbasis alam (khususnya proyek karbon biru). Spesialis memberikan dukungan ilmiah, teknis, dan manajemen proyek dan kepemimpinan untuk proyek-proyek prioritas. Mereka akan membantu melaksanakan proyek karbon biru yang sedang berlangsung, merancang proyek prioritas untuk menguji asumsi utama, memverifikasi kemajuan, dan mengevaluasi dampak intervensi konservasi tertentu, sementara juga mengidentifikasi atau mengembangkan pendekatan dan alat yang dapat digunakan secara lebih luas di seluruh wilayah kerja organisasi.  Sebagai bagian dari jaringan pembelajaran global, NCS Prototyping Network, mereka akan terhubung dan secara teratur terlibat dengan proyek serupa di beberapa geografi global untuk berbagi informasi dan mendukung pembelajaran peer-to-peer.

Spesialis Karbon Biru melakukan survei ilmiah dan penelitian, mencatat data, dan menulis laporan untuk mengelola dan mengkoordinasikan proyek karbon biru dan penelitian, analisis, dan pemantauan, evaluasi, dan pembelajaran NCS khusus untuk analisis dampak mangrove, konservasi dan restorasi di Indonesia. Mereka memimpin proyek dan tim untuk membimbing dan menyampaikan sains, laporan, dan publikasi untuk lebih memahami dan mengukur mitigasi perubahan iklim dan manfaat bersama lainnya yang secara khusus terkait dengan karbon biru. Mereka bekerja sama dengan dan mengembangkan kemitraan strategis dengan instansi terkait, mitra akademik, organisasi konservasi, dan / atau sektor swasta. Sebagai manajer proyek yang kuat, mereka mengembangkan dan menerapkan rencana kerja dan mengelola hibah, kontrak, dan anggaran proyek. Mereka berkontribusi dan membangun kapasitas sains baik untuk program tim dengan secara aktif terlibat dan berkontribusi pada NCS Prototyping Network.

Ini termasuk fungsi-fungsi berikut:

  • Mengembangkan dan melaksanakan penelitian NCS, terutama dalam konteks konservasi dan restorasi mangrove, akuakultur multi-manfaat, karbon biru, dan kegiatan konservasi terkait lainnya.
  • Melakukan kerja lapangan termasuk ekosistem, stok karbon, emisi gas rumah kaca, dan / atau penilaian dan pemantauan manfaat bersama, dan bekerja dengan komunitas dan mitra lokal pada pengumpulan data dan pengetahuan.
  • Memimpin dan mendukung pembentukan kerangka kerja pemantauan, evaluasi, dan pembelajaran (MEL) yang memberikan pengetahuan untuk mengembangkan strategi konservasi.
  • Mengembangkan, mengumpulkan, dan menganalisis data, dan memelihara perpustakaan database, peta, sistem analisis spasial, laporan pemantauan, dan publikasi.
  • Mengintegrasikan beberapa alur kerja ilmiah dan tim dan memastikan kualitas data secara keseluruhan.
  • Secara aktif terlibat dalam NCS Prototyping Network dan pelatihan.
  • Siapkan materi program termasuk presentasi, memo, dan komunikasi lainnya.
  • Menyediakan penelitian dan keahlian dalam mendukung analisis kebijakan, prioritas legislatif, perusahaan dan / atau kebijakan.
  • Mewakili YKAN pada pertemuan dan komite di mana masukan teknis diperlukan.
  • Mengembangkan kemitraan strategis dengan instansi terkait, mitra akademik, organisasi konservasi, dan / atau sektor swasta.
  • Memfasilitasi keterlibatan dengan para pemangku kepentingan untuk mendukung pembentukan proyek karbon biru, termasuk merancang, mempersiapkan, menerapkan, dan mengevaluasi lokakarya, pertemuan, dan acara.
  • Dapat mendukung pengembangan proposal untuk memasukkan konten sains dalam proposal prioritas.

Spesialis Karbon Biru akan berbasis di Jakarta dan melapor ke Manajer Senior Ketahanan Pesisir sementara juga bekerja sangat erat dengan jaringan tambahan di Indonesia, regional, dan global.

Kualifikasi:

  • Gelar Master di bidang terkait sains (seperti ilmu lingkungan, iklim, ilmu sosial, manajemen sumber daya alam, dll) dan 2 tahun pengalaman atau kombinasi pendidikan dan pengalaman yang setara.
  • Pengalaman mengumpulkan, memanipulasi, menganalisis, mensintesis, dan menafsirkan data ilmiah.
  • Pengalaman mempersiapkan laporan dan publikasi temuan dan mengkomunikasikan informasi ilmiah. 
  • Pengalaman bekerja dan berkomunikasi dengan berbagai orang, seperti masyarakat lokal, mitra / lembaga pemerintah, lembaga penelitian, dan sektor swasta.
  • Kefasihan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris lisan dan tulisan.

 

Silakan kirim CV dan surat lamaran Anda ke recruitment.indo@ykan.or.id, dan silakan masukkan judul posisi yang Anda minati pada baris subjek.