Lowongan

Manajer Keuangan Kelautan dan Dukungan Program

Patrol Laut
Pos Patroli Pulau Jaam, Misool, Raja Ampat © Nugroho Arif Prabowo

Secara umum bertanggung jawab atas pengelolaan, pemeliharaan dan pelaporan data keuangan dan/atau pemantauan kontrol dan proses pengelolaan untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur YKAN, kerangka hukum dan peraturan yang relevan, dan praktik terbaik keuangan/manajemen di dalam Program Kelautan Indonesia. Manajer Keuangan Kelautan & Dukungan Program memberikan bantuan kepada semua tingkatan personel di wilayah khusus mereka di dalam Program Kelautan Indonesia. Mereka menanggapi pertanyaan dan masalah karyawan / manajemen yang kompleks berdasarkan pengetahuan lanjutan tentang bidang studi.

Tugas khusus meliputi:

Pengelolaan keuangan Program Kelautan Indonesia

  • Menyusun anggaran tahunan IOP (disusun oleh Tim Program), mendistribusikan kegiatan anggaran program ke dalam sumber pendanaan yang tersedia; untuk disampaikan dan ditinjau oleh Manajemen YKAN Indonesia.
  • Menyiapkan anggaran untuk proyek/donor tertentu dan memastikan bahwa semua kegiatan terkait proyek telah dimasukkan dalam proposal, dan memenuhi persyaratan pendanaan, termasuk untuk mendapatkan persetujuan dari Grant Specialist dan Legal jika diperlukan.
  • Berkoordinasi dengan staf keuangan dalam program global, atau tim Filantropi di Indonesia atau global untuk menyiapkan proposal anggaran kepada donor tertentu dan menyiapkan pelaporan keuangan konsolidasi kepada donor tertentu.
  • Melakukan review, monitoring dan report transaksi keuangan untuk memastikan seluruh aktivitas terekam dengan baik. Berkoordinasi dengan Accounting Manager untuk memastikan semua transaksi tercatat dengan baik dan tepat waktu.
  • Melakukan pembaruan rutin dengan Direktur / Manajer Program untuk berbagi posisi keuangan yang diperbarui; membahas dan merekomendasikan tindak lanjut untuk mencapai target yang disepakati.
  • Tinjau perjanjian donor untuk memastikan persyaratan keuangan memenuhi persyaratan organisasi, dapatkan persetujuan yang diperlukan jika diperlukan. Memantau dan meninjau kemajuan keuangan secara teratur termasuk menyiapkan laporan donor keuangan yang diperlukan.
  • Bertanggung jawab untuk memenuhi persyaratan organisasi pada proses Akuntansi bulanan dan tahunan untuk semua ID Proyek dan ID Penghargaan untuk IOP, termasuk proses reguler yang diperlukan dalam Wawasan dan PCB (dan Sistem Keuangan lainnya).
  • Bekerja sama dengan auditor internal, auditor eksternal untuk hibah khusus atau untuk audit keuangan tahunan; untuk memastikan bahwa semua transaksi keuangan sesuai dengan SOP YKAN.

Kegiatan Penunjang Program Penunjang Program Kelautan Indonesia

  • Berkoordinasi dengan tim Operasi di kantor Bali, Kupang dan Sorong untuk memastikan bahwa mereka akan mendukung pelaksanaan program di kantor masing-masing; menghubungkan mereka dengan staf IT atau SDM Jakarta jika ada beberapa masalah yang perlu diselesaikan.
  • Tinjau sub hibah dan kontrak untuk layanan untuk memastikan bahwa aktivitas selaras dengan rencana kerja dan mematuhi kebijakan dan prosedur organisasi dan mengikuti proses persetujuan.
  • Dengan dukungan Divisi Luar Negeri, membantu tim IOP dalam setiap masalah operasi yang memerlukan persetujuan atau koordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) termasuk penyusunan laporan program tahunan, proses pemantauan dan evaluasi rutin dari Kementerian.

Manajer Keuangan Kelautan & Dukungan Program melapor kepada Kepala Bagian Keuangan & Dukungan Program dan berbasis di Jakarta, Indonesia.

Kualifikasi::

  • Gelar Sarjana di bidang Keuangan, Akuntansi, Administrasi Bisnis atau bidang terkait dan pengalaman terkait minimal 4 tahun atau kombinasi yang setara.
  • Pengalaman teknis dengan masalah akuntansi penghargaan hibah.
  • Pengalaman, kursus, atau pelatihan lainnya dengan surat edaran pemerintah Federal AS yang berlaku (Surat Edaran OMB A-110, A-122 dan A-133), peraturan negara bagian dan lokal, dan klausul kontrak standar.
  • Pengalaman menggunakan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan.
  • Berpengalaman dengan peraturan pemerintah terkait hibah dan kontrak.

Silakan kirim CV dan surat lamaran Anda ke recruitment.indo@ykan.or.id, dan silakan masukkan judul posisi yang Anda minati pada baris subjek.