Siaran Pers

28 “Influencers” Bergabung dalam Misi Lestari

Tunas daun mangrove
Tunas Daun Mangrove Mangrove di kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke © Rahardian/YKAN
Dialog Konservasi Misi Untuk Mangrove
Misi untuk Mangrove Sebanyak 28 influencers dari berbagai latar belakang dan profesi bergabung dalam kampanye Misi Lestari yang dicanangkan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) selama 24 Mei-31 Juli 2021 © YKAN

Sebanyak 28 influencers dari berbagai latar belakang dan profesi bergabung dalam kampanye Misi Lestari yang dicanangkan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) selama 24 Mei-31 Juli 2021. Ke-28 influencers ini secara aktif menggalang kesadaran publik akan arti penting melindungi mangrove untuk kelestarian Indonesia, yang menjadi tema kampanye Misi Lestari tahun ini.

Konservasi mangrove menjadi salah satu perhatian utama pemerintah saat ini dengan potensinya yang besar dalam menyerap karbon dan secara efektif mampu menahan laju kenaikan suhu.

“Hutan adalah satu-satunya yang bisa menyerap karbon dioksida dan khususnya mangrove mampu menyimpan karbon dalam tanah lebih besar daripada hutan mineral. Kemampuan mangrove menyerap karbon dioksida sebesar 23 ton CO2/hektare/tahun, dibandingkan hutan mineral 10 ton/hektare/tahun. Luas hutan mangrove hanya 3 persen dari total luas hutan di Indonesia, tetapi bisa berkontribusi sebesar 9 persen terhadap target pencapaian pengurangan emisi Indonesia pada tahun 2030,” terang Nisa Novita, Forest Carbon & Climate Specialist YKAN dalam bincang virtual “Dialog Konservasi: Misi untuk Mangrove,” pada Jumat (18/6).

Seperempat dari ekosistem mangrove dunia berada di Indonesia dan ini menyimpan 3,14 miliar ton karbon atau setara dengan sepertiga stok karbon dunia yang ada di wilayah pesisir. Namun, ekosistem ini juga terus menghadapi ancaman kerusakan hingga hilang karena konversi lahan.

“Melindungi adalah tugas yang lebih besar daripada merestorasi. Dan kita bisa melakukan perlindungan alam sedari dini, dari hal-hal kecil, tetapi sebenarnya bisa berdampak besar. Bagi saya, bisa melakukan sesuatu yang kita cintai (olahraga), tetapi juga bisa bermanfaat untuk lingkungan, sekaligus mengedukasi anak-anak dan orang sekitar itu sebuah kebahagiaan tersendiri,”  ujar Alina Bramantyo, salah satu influencer yang digandeng YKAN, memaparkan alasannya mendukung Misi Lestari.

Datang dari berbagai latar belakang dan profesi—ibu rumah tangga, pelari profesional, dokter, sosialita, hingga pengelola keuangan—para influencers ini menjadi bagian dari garda terdepan menjangkau masyarakat yang lebih luas untuk beraksi bersama melestarikan bumi.

Dialog Konservasi tersebut juga menghadirkan Eri Palgunadi, Vice President of Marketing JNE, yang menjadi perwakilan mitra swasta yang mendukung Misi Lestari. Ia mengungkapkan, perusahaan swasta juga harus bermanfaat bagi sekitarnya, tidak hanya memikirkan profit. Sektor lingkungan menjadi salah satu fokus JNE dalam menjalankan bisnis operasionalnya dan berkomitmen untuk menurunkan emisi dengan membuat inisiatif-inisiatif baru. Tidak hanya mendorong setiap departemen di bawahnya untuk memiliki inisiatif yang berkontribusi pada lingkungan, JNE juga berinovasi dengan menggiatkan armada sepeda untuk jasa kurir di area SCBD, Jakarta Selatan.

Berdiri sejak 2014, YKAN selalu membuka pintu kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dengan pemerintah, organisasi masyarakat, pihak swasta, maupun para individu. Kampanye Misi Lestari yang akan berakhir pada 31 Juli 2021, sebagai bagian dari peringatan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh tiap 26 Juli, ini pun menjadi pintu pembuka yang lebih luas kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama beraksi bagi Bumi.

Bergabung dalam Misi Lestari

Pendaftaran Misi Lestari masih dibuka hingga 10 Juli 2021 dengan masa penyelesaian misi selama 21 Juni-18 Juli 2021. Setiap peserta akan diajak untuk menyelami lebih jauh tentang fungsi mangrove; menanam bibit tanaman di halaman rumah dan mengunggah perkembangannya di akun media sosial pribadi; melakukan virtual run/walk; juga bisa menggalang dana untuk konservasi mangrove melalui Ayobantu (https://www.ayobantu.com/campaign/misilestari).

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi Virtuathlon yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore, dengan membayar registrasi sebesar Rp 149.000. Peserta dapat mendaftarkan diri mengikuti virtual run/walk dengan pilihan jarak minimal 5 kilometer sampai dengan 25 kilometer. Ada dua kategori peserta untuk dipilih, yakni kategori keluarga, yang terdiri atas 1 orang dewasa dan 1 anak, atau kategori individual. Syaratnya, peserta dewasa berumur 21 – 70 tahun dan peserta anak berumur 5 – 15 tahun.

Pendaftaran secara luring juga bisa dilakukan dengan menyambangi booth YKAN di Grand Indonesia selama 7-20 Juni 2021 dan tersedia merchandise yang bisa langsung diperoleh para pendaftar.

Peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh fase dengan baik berkesempatan mengikuti perayaan puncak pada 31 Juli 2021 bersama keluarga influencer yang mendukung Misi Lestari di SM Muara Angke. Kegiatan yang dilakukan dalam jumlah terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ini sekaligus mengajak peserta terpilih berkeliling kawasan SM Muara Angke.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara pendaftaran Misi Lestari, bisa disimak di situs resmi www.YKAN.or.id.

Olahraga, berkebun, sambil menggalang dana untuk masa depan Bumi. Siapa yang tak ingin Bumi selalu menjadi rumah yang nyaman dihuni? Ini bukan sekadar angan, jika kita beraksi hari ini. 

Tentang YKAN

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah organisasi nirlaba berbasis ilmiah yang hadir di Indonesia sejak 2014. Memiliki misi melindungi wilayah daratan dan perairan sebagai sistem penyangga kehidupan, kami memberikan solusi inovatif demi mewujudkan keselarasan alam dan manusia melalui tata kelola sumber daya alam yang efektif, mengedepankan pendekatan nonkonfrontatif, serta membangun jaringan kemitraan dengan seluruh pihak kepentingan untuk Indonesia yang lestari. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi ykan.or.id.