Siaran Pers

Di Rumah Saja, Bersama Keluarga, Jaga Mangrove Indonesia

Daun Mangrove
Lahan basah Prioritas tujuan pengelolaan Suaka Margasatwa Muara Angke adalah dijadikan sebagai pusat pendidikan konservasi lahan basah © Oka Rahardian

Kontak Media

mangrove family day
Mangrove Family Day Dialog Konservasi: Mangrove Family Day, pada Kamis (1/7), YKAN bersama platform belanja daring Blibli menghadirkan diskusi interaktif mengenai pentingnya mangrove yang dikemas dalam pertunjukan dongeng. © YKAN

Menjangkau lintas generasi dan profesi, kampanye Misi Lestari yang dicanangkan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) selama 24 Mei-31 Juli 2021 berkolaborasi dengan berbagai mitra yang peduli terhadap alam Indonesia. Kali ini, melalui acara virtual “Dialog Konservasi: Mangrove Family Day,” pada Kamis (1/7), YKAN bersama platform belanja daring Blibli menghadirkan diskusi interaktif mengenai pentingnya mangrove yang dikemas dalam pertunjukan dongeng.

Dalang pertunjukan tak lain adalah Oom Samsudin. Ya, lebih dikenal dengan Samsudin Dongeng Keliling, ia telah menyambangi berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Sumatra hingga Nusa Tenggara Barat. Lewat kisah dongengnya, ia meningkatkan kesadaran masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, mengenai pentingnya melestarikan lingkungan.

Dalam Dialog Konservasi kali ini, Oom Sam mengangkat kisah Sofia, gadis kecil yang sedang berjalan-jalan di hutan mangrove dan bertemu dengan teman-teman baru. Ada buaya muara, bangau, bekantan, dan kepiting bakau. Kisah Sofia dan teman-temannya ini pun mengingatkan bahwa manusia hanyalah bagian dari sebuah ekosistem. “Kita tidak boleh memikirkan hidup kita saja. Ada banyak makluk hidup yang membutuhkan tempat untuk hidup dan berkembang biak,” kisahnya.

Ibarat tak kenal maka tak sayang, fungsi dan peranan hutan mangrove dalam kehidupan penting untuk dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat dan dimulai sedari dini. Indonesia menjadi rumah bagi hutan mangrove terluas di dunia yang menyimpan 3,14 miliar ton karbon, yang setara dengan sepertiga stok karbon dunia yang ada di wilayah pesisir.

“Dialog Konservasi: Mangrove Family Day” ini pun menjadi momen tepat di masa liburan anak-anak untuk berkenalan dengan hutan mangrove melalui cara menyenangkan. Peserta bisa mengerjakan lembar mewarnai dengan gambar ekosistem mangrove yang dapat diunduh saat proses registrasi. Lalu, mengunggahnya di akun Instragam dan tag @misilestari_nusantara dan @ykan_id.

“Mengenalkan kepedulian dan cinta pada alam perlu diterapkan sedini mungkin dan menjadi bagian dari pendidikan karakter di setiap keluarga. Keluarga menjadi lini terdekat untuk memberi contoh nyata mencintai alam dalam keseharian. Misalnya, memilah sampah di rumah dan menjadikannya kompos, memanfaatkan air dengan bijak, dan sebagainya. Karena pada akhirnya, melindungi alam ini menjadi tugas kita bersama,” tambah Dino V. Prayoga, Associate Director of Development YKAN.

Menjadi salah satu platform belanja daring di Indonesia, Blibli pun mengambil peranan yang tak kalah penting bagi kesuksesan kampanye Misi Lestari ini. Blibli menghadirkan laman khusus bagi peserta untuk mendaftarkan diri dengan pilihan kategori keluarga atau individu. Kerja sama ini pun bertepatan dengan peringatan ulang tahun Blibli yang ke-10, bertemakan “10th Bareng Kamu” dan secara konsisten menerapkan program keberlanjutan dalam operasional bisnisnya.

“Blibli mempunyai perhatian besar terhadap environmental sustainability yang diwujudkan melalui kampanye Blibli Cinta Bumi, di mana kami mengajak pelanggan untuk antara lain mempraktikkan daur ulang. Kolaborasi bersama YKAN adalah perpanjangan dari semangat Blibli terhadap konservasi lingkungan. Dengan berada di platforme-commerce kami, YKAN bisa menjangkau perserta dan pendonor potensial di seluruh Indonesia untuk menyukseskan kampanye. Kerja sama ini juga memperlihatkan kekuatan e-commercedalam memperkuat dampak positif pada masyarakat dan lingkungan,” tutur Franky Oberto, Senior Merchandising Manager Blibli.

Kampanye Misi Lestari yang akan berakhir pada 31 Juli 2021 ini menjadi bagian dari peringatan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh tiap 26 Juli. Setiap orang pun bisa beraksi untuk Bumi, hanya dari rumah.

Daftarkan diri di Misi Lestari

Pendaftaran Misi Lestari masih dibuka hingga 10 Juli 2021 dengan masa penyelesaian misi selama 21 Juni-18 Juli 2021. Setiap peserta akan diajak untuk menyelami lebih jauh tentang fungsi mangrove; menanam bibit tanaman di halaman rumah dan mengunggah perkembangannya di akun media sosial pribadi; melakukan virtual run/walk; juga bisa menggalang dana untuk konservasi mangrove melalui Ayobantu (https://www.ayobantu.com/campaign/misilestari).

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi Virtuathlon yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Peserta dapat mendaftarkan diri mengikuti virtual run/walk dengan pilihan jarak minimal 5 kilometer sampai dengan 25 kilometer. Ada dua kategori peserta untuk dipilih, yakni kategori keluarga, yang terdiri atas 1 orang dewasa dan 1 anak, atau kategori individual. Syaratnya, peserta dewasa berumur 21 – 70 tahun dan peserta anak berumur 5 – 15 tahun.

Peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh fase dengan baik berkesempatan mengikuti perayaan puncak pada 31 Juli 2021 bersama keluarga influencer yang mendukung Misi Lestari di Suaka Margasatwa Muara Angke. Kegiatan yang dilakukan dalam jumlah terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ini sekaligus mengajak peserta terpilih berkeliling kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara pendaftaran Misi Lestari, bisa disimak di situs resmi www.YKAN.or.id. Saatnya beraksi untuk Bumi, lewat cara mudah dan dari rumah saja.

 

Tentang Blibli

Blibli berdiri pada tahun 2011, sebagai perusahaan e-commerce di Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Blibli.com sebagai mal online menawarkan berbagai macam produk yang terbagi dalam 16 kategori, mulai dari kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya, dan didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. Dalam memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia, Blibli.com memiliki Blibli Express Service (BES) serta telah bekerjasama dengan 20 mitra logistik, 20 gudang barang, dan 32 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia. Blibli.com terus berusaha memberikan pengalaman berbelanja terbaik dengan tujuan untuk menjadi perusahaan e-commerce nomor satu dengan jumlah pelanggan loyal terbanyak di Indonesia.

Kunjungi laman kami di www.blibli.com atau unduh aplikasi Blibli.com sekarang yang tersedia di Android, iOS, dan Windows.

Tentang YKAN

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah organisasi nirlaba berbasis ilmiah yang hadir di Indonesia sejak 2014. Memiliki misi melindungi wilayah daratan dan perairan sebagai sistem penyangga kehidupan, kami memberikan solusi inovatif demi mewujudkan keselarasan alam dan manusia melalui tata kelola sumber daya alam yang efektif, mengedepankan pendekatan nonkonfrontatif, serta membangun jaringan kemitraan dengan seluruh pihak kepentingan untuk Indonesia yang lestari. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi ykan.or.id.