Aplikasi GeoSpasial
App Berbasis Web Geospasial Aplikasi yang dibuat untuk membantu mengelola database spasial Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dalam sebuah sistem informasi berbasis WebGIS. © YKAN

Perspektif

Aplikasi WebGeospasial Dinas Perkebunan Kaltim

Perencanaan ruang menjadi pendekatan yang penting dalam konservasi. Kawasan-kawasan yang akan dilindungi harus dikaji lebih mendalam dengan menggunakan pendekatan geografis berbasis ruang dan data spasial. Data spasial yang tersedia, akurat dan, ter-update akan menjadi kunci dalam perencanaan ruang atau perencanaan wilayah. Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memperkenalkan berbagai pendekatan dengan memanfaatkan data spasial mulai dari kegiatan di level kampung hingga kebijakan. Pada setiap levelnya diperlukan dukungan analisis dan penggunaan data spatial. Misalnya pada level kampung diperlukan data spasial untuk membuat tata ruang kampung nantinya menjadi masukkan dalam tata ruang kabupaten. Demikian seterusnya hingga level kebijakan yang lebih tinggi.

App Geospasial
App Berbasis Web Geospasial Aplikasi yang dibuat untuk membantu mengelola database spasial Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dalam sebuah sistem informasi berbasis WebGIS. © YKAN

Salah satu permasalahan data spasial adalah ketersediaan data serta keseragaman data dalam satu tema. Melalui program pemerintah, “OneMap Policy”, perlu dibangun suatu data spasial yang terintegrasi, update, dan dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan.  Pada tingkat provinsi, ketersediaan data spatial masih menyisakan gap yang besar. Data-data pada tingkat kabupaten masih sulit didapatkan karena keterbatasan pengetahuan pemangku kepentingan dalam mengakses dan mengelola data spasial, keterbatasan pengetahuan para pengambil kebijakan untuk menjadikan data spasial sebagai prioritas dalam membuat perencanaan yang baik, serta masih belum ada tata batas provinsi sehingga kepastian data spasial masih bersifat sementara.  Ketersediaan data spasial dapat dikatakan menjadi satu penyebab masih lambatnya penyelesaan perencanaan ruang seperti RTRW atau RDKT di tingkat provinsi.

Aplikasi WebGeospasial Dinas Perkebunan Kaltim diresmikan pada tahun 2017. Aplikasi Webgeospasial ini dibuat untuk membantu mengelola database spasial Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dalam sebuah sistem informasi berbasis WebGIS yang dapat diakses online, diperbaharui, dan dikembangkan secara berkala. Aplikasi WebGeospasial Dinas Perkebunan KaltimAplikasi bertujuan untuk mempermudah akses data dan informasi mengenai database Dinas Perkebunan berbasis GIS (Geografi Information System), sehingga didapatkan ketersediaan informasi database Dinas Perkebunan dalam rangka mendukung Tupoksi dari Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Aplikasi WebGeospasial Dinas Perkebunan Kaltim merupakan langkah awal dalam proses perencanaan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Timur terutama di sektor perkebunan.