Perspektif

COP28 Panduan Menuju Konferensi Iklim PBB 2023

Jika menyangkut krisis iklim, setiap tindakan sangatlah penting.

A wind turbine off the Atlantic coast of Rhode Island, USA.
Solusi Perubahan Iklim Delegasi COP28 di Dubai akan membahas cara mencapai tujuan perubahan iklim kolektif dan individu. Berharap pangan menjadi topik utama. © Ayla Fox

Perwakilan dari hampir 200 negara akan hadir bersama-sama pada bulan November ini guna mengoordinasikan aksi iklim global untuk tahun depan dalam acara yang disebut sebagai COP28.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang COP28, atau jika Anda memerlukan penyegaran, panduan ini akan menyampaikan apa yang diharapkan dari acara tersebut, mengapa YKAN akan hadir dan apa makna semua ini bagi kita.

Apa yang dimaksud COP28?

COP28 adalah singkatan dari Conference of Parties atau Konferensi Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim ke-28. Dalam panduan ini kami akan menyebutnya COP; Anda mungkin juga mendengar ini disebut sebagai konvensi perubahan iklim PBB.

Pada COP iklim tahunan, delegasi dari hampir setiap negara di dunia merundingkan tujuan global untuk mengatasi perubahan iklim, mempresentasikan rencana masing-masing negara untuk berkontribusi terhadap tujuan tersebut, dan melaporkan kemajuannya.

Fakta Penting Tentang Alam & Iklim

  • Thermometer icon.

    1.5° C

    Target batas pemanasan global untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim.

  • Cattail icon.

    1/3

    Besarnya pengurangan emisi yang dapat kita wujudkan dengan melindungi dan memulihkan alam.

  • Money icon.

    <10%

    Jumlah pendanaan iklim yang saat ini dialokasikan untuk solusi berbasis alam.

Mengapa COP28 penting?

Dunia sedang menghadapi dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat pemanasan global: kebakaran hutan yang memecahkan rekor, banjir besar, dan gelombang panas yang tak tertahankan. Yang lebih buruk lagi, laporan pertama mengenai kemajuan iklim kita (yang diberi nama Global Stocktake) menunjukkan dengan tepat seberapa jauh kita tertinggal dalam mencapai ambisi iklim kita. Kita perlu melakukan tindakan nyata untuk memberikan manfaat bagi iklim dan kita perlu melakukannya sekarang. COP28 adalah peluang dunia untuk naik level.

Pertemuan COP iklim dilaksanakan di kota yang berbeda setiap tahunnya untuk menunjukkan pentingnya kolaborasi dari negara-negara di seluruh dunia. Pertemuan tahun ini akan digelar 30 November hingga 12 Desember di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Meskipun tujuan keseluruhan dari semua pertemuan ini adalah meningkatkan kerja sama global untuk melawan perubahan iklim, topik khususnya dapat berganti setiap tahun.

Mirip dengan tahun lalu, negara tuan rumah menentukan tema dan arah awal diskusi. Tahun ini, bidang fokus utama COP28 mencakup:

Hawk on solar panels.
Solar Panel Array A raptor rests upon solar panels at the Red Horse solar and wind facility near Willcox. Raptors have been know to prey on baby sheep. © David Sanders/TEP
Aerial view of dense sea-side development.
Punta Gorda, Florida Low-lying neighborhoods surrounded by water are particularly vulnerable to the effects of climate change. © Carlton Ward Jr.
Aerial view of mountainous islands in blue Caribbean.
The Beauty of Wayag Beautiful blue in Wayag, in Papua, Indonesia. © Arbain Rambey/TNC Photo Contest 2021
Punan batu village
Pemuda Dayak Lebo Desa Merabu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur © Decky Asrani
Hawk on solar panels.
Solar Panel Array A raptor rests upon solar panels at the Red Horse solar and wind facility near Willcox. Raptors have been know to prey on baby sheep. © David Sanders/TEP

1

Transisi ke Energi Bersih

Mempercepat transisi energi dan mengurangi emisi sebelum tahun 2030 untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5° C (2,7° F) di atas tingkat pra-industri.

Aerial view of dense sea-side development.
Punta Gorda, Florida Low-lying neighborhoods surrounded by water are particularly vulnerable to the effects of climate change. © Carlton Ward Jr.

2

Alam, Manusia, kehidupan dan Mata pencaharian

Menempatkan alam, manusia, kehidupan dan mata pencaharian sebagai inti dari aksi iklim, termasuk membantu komunitas yang paling rentan beradaptasi terhadap perubahan yang sudah terjadi.

Aerial view of mountainous islands in blue Caribbean.
The Beauty of Wayag Beautiful blue in Wayag, in Papua, Indonesia. © Arbain Rambey/TNC Photo Contest 2021

3

Mewujudkan Pembiayaan

Mewujudkan janji-janji lama dan menetapkan kerangka kerja untuk kesepakatan baru di bidang keuangan. Pendanaan iklim harus terjangkau, tersedia bagi, dan dapat diakses oleh negara-negara berkembang.

Punan batu village
Pemuda Dayak Lebo Desa Merabu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur © Decky Asrani

4

Mobilisasi Inklusivitas

Memobilisasi COP paling inklusif yang pernah ada, memastikan bahwa keputusan dan diskusi, dan bagaimana solusi diterapkan, benar-benar inklusif dan dilakukan melalui kolaborasi dengan Masyarakat Adat dan komunitas lokal.

Mengapa YKAN ada di COP28?

Kehadiran beberapa pembuat kebijakan dan pakar iklim terkemuka dunia di COP28, membuka peluang besar untuk memajukan peran penting alam dalam memerangi perubahan iklim dan melaksanakan Perjanjian Paris.

Ketika negara-negara berupaya memperbarui dan menyelaraskan rencana iklim mereka, staf YKAN akan berada di garis depan dalam negosiasi dengan pemerintah dan para pemimpin dunia usaha, mendorong ambisi yang lebih besar untuk mengurangi emisi, membangun ketahanan masyarakat, dan berinvestasi lebih banyak dalam upaya mitigasi dan adaptasi.

Dalam mencapai tujuan ini, kami akan menganjurkan transisi lebih cepat terhadap sumber energi terbarukan dan lebih banyak menggunakan solusi iklim alami, dan lebih banyak investasi baik dari sektor publik maupun swasta, terutama untuk membantu negara-negara yang paling terkena dampak. perubahan iklim. Kami juga akan berupaya agar Suara masyarakat adat dan masayarat lokal didengar, karena mereka adalah orang-orang yang paling tahu cara bekerja dengan alam di komunitasnya.

MEMPELAJARI LEBIH LANJUT: Mengunduh scorecard COP untuk mempelajari lebih lanjut posisi kebijakan YKAN pada COP28.

Close up of crimson clover among tall grasses, as a cover crop.
Teknologi Lama Tanaman penutup tanah, seperti semanggi merah ini, membantu menjaga kesehatan tanah dan mengurangi kebutuhan pupuk tambahan di bidang pertanian. © Zach Luttrell
Smoke covers farmers and their machinery among crop fields.
Teknologi Baru Peralihan dari pembakaran tanaman ke cara baru dalam mempersiapkan lahan untuk tanaman mempunyai manfaat tambahan yaitu meningkatkan kesehatan manusia. © Natalya Skiba/TNC

Apa yang dapat kita lakukan untuk membantu menangani perubahan iklim?


Semua tindakan memiliki arti besar. Setiap ons karbon, setiap derajat, setiap hari sangatlah berarti. Aksi iklim para pemimpin sangatlah bermakna dan aksi iklim Anda sama besar maknanya.

Inilah alasan mengapa kita mengadvokasi tiga tema utama dalam COP28.

Sebagai bagian masyarakat global kita wajib:

  1. Mengurangi emisi. Kita wajib menjaga perhatian agar tetap berfokus pada mitigasi perubahan iklim dan transisi energi yang adil.
  2. Membangun masyarakat tangguh iklim. Kita harus membangun masyarakat yang mampu menahan dampak krisis iklim, dan memberdayakan kelompok-kelompok yang menjaga alam untuk mengamankan rumah, mata pencaharian, dan masa depan mereka.
  3. Berinvestasi dalam solusi ini. Kita wajib menginspirasi commitments and investments (komitemen dan investasi) proyek-proyek, kebijakan dan praktik yang positif pada alam.

Aksi Individu yang Nyata

  • Kepala ilmuwan kami, Katharine Hayhoe, sering mengatakan bahwa membicarakan mengapa perubahan iklim penting dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya adalah cara terbaik untuk mengkatalisasi tindakan.

    Panaduan pembicaraan tentang perubahan iklim TNC dapat membantu agar Anda lebih menguasai topik ini ketika menyampaikannya kepada teman dan keluarga.

    Ingin berdiskusi sesuai usia tentang perubahan iklim dengan anak-anak? Nature Lab memiliki beragam pelajaran, video, dan meteri lainnya untuk mendidik siswa SD dan SMP tentang isu-isu iklim dan solusinya.

  • Ukur jejak karbon pribadi Anda dan pelajari apa yang dapat dilakukan untuk menurunkannya.  Kemudian, bagikan dan tularkan aksi tersebut kepada orang lan.

    Selagi Anda menghitung, pergunakan kalkulator karbon kelahiran untuk mengetahui berapa banyak kandungan karbon di udara ketika Anda dilahirkan dan seberapa jauh penurunannya sampai sekarang.

  • Dapatkan tanggapan kami yang tepat waktu mengenai  tantangan terbesar yang dihadapi manusia dan planet ini. Daftarkan sekarang.

  • Bagikan halaman ini pada kanal media sosial Anda agar orang lain mengetahui apa yang dapat mereka lakukan Berikut tagar untuk mengikuti diskusi ini #COP28 #NatureNow

  • Edukasi diri Anda dan bagikan pengetahuannya Gulir ke bagian selanjutnya untuk mengetahui topik utama yang didiskusikan dalam COP28.

Menggali lebih Dalam pada Isu-Isu COP28

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang beberapa isu yang dibahas di COP28? Pada bagian terakhir panduan ini, kami telah menyusun artikel dan video mengenai isu-isu paling penting pada konferensi iklim tahun ini.

Food and Climate Icon

Pangan dan Iklim

A woman picks leaves and puts them in a basket on a hillside agricultural landscape.
Upper Tana Watershed, Kenya A young woman picking tea leaves on a tea plantation. © Nick Hall

Bentangan makanan: Mempercepat Transisi Sistem Pangan Regeneratif

Transformasi sistem pangan adalah solusi utama untuk mencapai tujuan iklim dan keanekaragaman hayati.

Lihat bagaimana kita dapat membantu mendorong kemajuan yang bermanfaat bagi manusia dan planet ini.

Climate Adaptation Icon

Adaptasi Iklim

Perubahan Iklim Penjelasan berikut menggambarkan penyebab perubahan iklim dan bagaimana kita bisa beradaptasi dalam upaya memitigasi perubahan iklim.

Indigenous and Local Community Leadership Icon

Kepemimpinan Masyarakat Adat dan Masyarat Lokal

Festival Adat Munara Beba Byak Karon Festival ini menjadi momen menghidupkan kembali ragam adat masyarakat Biak Karon yang sempat terlupakan selama beberapa generasi yang menampilkan ragam seni tradisi budaya.

Nature Based Solution Icon

Solusi Berbasis Alam

Gambut sebagai strategi Solusi Iklim Alami Berdasarkan hasil kajian solusi iklim alami atau Natural Climate Solutions (NCS), lahan gambut memiliki potensi terbesar, yakni 67%, terhadap kontribusi penurunan emisi di Indonesia jika dibandingkan dengan potensi-potensi lainnya di NCS.
Aerial view of thick forested tree canopy in Belize.
Saving Belize's Maya Forest Peccary Hills National Park is one of many protected areas that encompass nearly 40% of Belize. © Lucas Bustamante

Alat Solusi Naturebase

Naturebase adalah platform online yang membantu pengambil keputusan menerapkan Solusi Iklim Alami. Kunjungi platform Naturebase .

Clean Energy Icon

Energi Bersih

Wind turbines on the top of a hill.
West Virginia wind farm Wind farm turbines situated on a ridge top in the Appalachian mountains of West Virginia. © Kent Mason

Kita memerlukan transisi energi terbarukan

Dunia membutuhkan setidaknya sembilan kali lipat peningkatan produksi energi terbarukan untuk memenuhi tujuan iklim Perjanjian Paris dan lebih banyak lagi untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050. Dan kita perlu menggunakan energi terbarukan dengan cepat dan cerdas, itulah sebabnya kami menyerukan penggunaan energi terbarukan sebanyak tiga kali lipat pada tahun 2030.

Bagaimana menuju ke sana.

Financing Climate Action Icon

Mendanai Aksi Iklim

Graphic of shapes and symbols.
Playbook for Climate Finance We can’t tackle climate change through UN COP26 without more funding—here are 5 ways to get it.

Pedoman pendanaan iklim

Kita membutuhkan pendanaan untuk mencapai tujuan iklim. Percakapan dan komitmen pada COP27 dan acara-acara sebelumnya adalah cara kami mewujudkannya.

Dapatkan buku pedomannya.

Daftar untuk Mendapatkan Berita Terkini Tentang Alam Indonesia

Solusi nyata terhadap tantangan paling kompleks yang dihadapi manusia dan alam saat ini.