Sains Kami

Pemantauan Partisipatif Melalui On Cloud Data Storing System (ODK Collect)

Penyu Belimbing
Penyu Belimbing Berenang di dekat permukaan di perairan Kofiau. Kofiau adalah bagian dari Kepulauan Raja Ampat di Indonesia yang terletak di Segitiga Terumbu Karang © Jeff Yonover

Dalam menentukan solusi inisiatif untuk berbagai permasalahan lingkungan

YKAN melakukan studi pendahuluan untuk lebih memahami kondisi di lapangan. Inovasi yang dilakukan YKAN yaitu pemantauan berbasis daring menggunakan aplikasi ODK Collect.

Upaya Pelestarian Penyu di Rote Pemerintah dan masyarakat bekerjasama dalam pelestarian penyu di Rote, Nusa Tenggara Timur.

Program kelautan YKAN telah menerapkan metode pengumpulan data menggunakan ODK Collect dalam dua program inisiatif, yaitu penilaian pantai peneluran penyu di Laut Sawu dan studi karakterisasi sampah di Wakatobi.

Warna hijau didapat dari lemak bewarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka
Tukik Penyu Hijau Warna hijau didapat dari lemak bewarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka © Ahmad Fuadi

Pemantauan Pantai Peneluran Penyu dilakukan pada tahun 2016-2017 di 14 pantai yang telah diidentifikasi sebelumnya sebagai pantai peneluran penyu di TNP Laut Sawu. Pemantauan ini dilakukan untuk menilai kondisi pantai peneluran serta menentukan strategi pengelolaan dan upaya konservasi yang sesuai berdasarkan tingkat kesensitivitasan penyu, sifat penyu saat melakukan proses peneluran, serta mengidentifikasi ancaman terhadap penyu di pantai tersebut. Dari beragam ancaman terhadap penyu, ancaman terbesar yang dijumpai pada 43% lokasi pemantauan yaitu penambangan pasir yang tidak terkendali. Berdasarkan analisis data lapangan 12 dari 14 pantai memiliki nilai konservasi yang tinggi dan perlu dilindungi.

Pentingnya pilah jenis sampah di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Karakterisasi Sampah Pentingnya pilah jenis sampah di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara © Nugroho Arif Prabowo

Studi karakterisasi sampah di Desa Kulati, Wakatobi dilakukan untuk memahami jumlah dan jenis sampah yang dihasilkan dari pemukiman dan terdampar di kawasan pesisir, guna merekomendasikan teknologi pengelolaan sampah yang sesuai. Pemantauan dilakukan pada bulan September 2018 (musim angin timur), November 2018 (musim peralihan) dan Januari 2019 (musim angin barat). Hasil studi menunjukan bahwa 95% sampah yang diperoleh merupakan sampah organik, sementara sampah inorganik didominasi oleh sampah plastik. Data tersebut menunjukkan bahwa penyortiran sampah dan pengelolaan sampah organik dapat mengurangi 95% volume sampah. Sementara sampah plastik dapat diolah kembali menjadi bahan lainnya yang dapat dimanfaatkan masyarakat, seperti contohnya bahan bakar.

Melki Foeh
Kerjasama
ODK Collect ODK Collect dapat digunakan pada smartphone dengan sistem operasi android. Dalam prosesnya, data dapat langsung di-input pada form daring oleh surveyor di lapangan.

ODK Collect dapat digunakan pada smartphone dengan sistem operasi android. Dalam prosesnya, data dapat langsung di-input pada form daring oleh surveyor di lapangan. Selain isian formulir, data yang di-input juga dapat berupa foto dan titik GPS. Data yang telah tersimpan dapat dikirim ke cloud storing system ketika berada di lokasi dengan jaringan yang lebih stabil. Pengolaan data juga lebih terjamin karena dapat diverifikasi dari jauh untuk memastikan kualitas dan kesesuaian data yang telah di-input.

Inovasi yang dilakukan YKAN yaitu pemantauan berbasis daring menggunakan aplikasi ODK Collect.

Penyu Sisik
Penyu Sisik Menjulang di atas terumbu karang. Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur Indonesia © Jeff Yonover