Nyong Tomia
Nature Hero Nyong Tomia © YKAN

Our People

Nyong Tomia – Ketua Kelompok Ekowisata Poassa Nuhada, Desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Nature Hero YKAN

Indonesia

  • Indonesia

    Nature Hero Yayasan Konservasi Alam Nusantara

  • Nature Hero

Biografi

Nyong Tomia adalah sosok muda dari Desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi yang mengabdikan hidupnya dalam upaya pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat. Nyong yang juga Sekretaris Desa Kulati dan ketua kelompok ekowisata berbasis masyarakat Poassa Nuhada sadar bahwa Wakatobi diberi anugerah oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sumber daya alam yang kaya. Namun jika tak bijak mengelolanya, kekayaan alam tersebut tentu tak akan lestari.

Nyong berprinsip bahwa potensi sumber daya alam harus dikembangkan secara lestari dan berkelanjutan agar terus memberi manfaat hingga generasi di masa depan. Salah satu potensi yang dikembangkan oleh masyarakat di Desa Kulati adalah ekowisata. Nyong yang menjadi motor penggerak bersama kelompok Poassa Nuhada aktif mengembangkan potensi ekowisata di Desa Kulati serta upaya pelestarian lingkungan seperti pengelolaan sampah pesisir dan pendidikan lingkungan hidup.

Kabupaten Wakatobi kaya akan sumber daya alam, peninggalan sejarah, seni, dan budaya yang berpotensi sebagai daya tarik wisata, baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Namun, status Kabupaten Wakatobi yang juga sebagai Taman Nasional dengan luas 1.390.000 hektar tentunya menuntut perlakuan khusus dalam hal konservasi kawasan untuk menjaga kelestarian sumber daya alamnya. Pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Wakatobi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip konservasi. Pendekatan wisata berkelanjutan akan menciptakan kegiatan wisata yang mendukung penghidupan berkelanjutan serta melindungi sumber daya alam, nilai tradisi, serta sosial budaya masyarakat.

+ more - less