Mangrove Planting
© YKAN

Perspektif

Dukung Pelestarian Mangrove dalam Kampanye “Keep Our Oceans Amazing”

Pelibatan lebih banyak pihak pada pelestarian alam  terus digaungkan oleh YKAN. Bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta, YKAN dan Disney melakukan penanaman 100 bibit mangrove di Suaka Margasatwa (SM) Muara Angke pada 21 Januari 2023. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari  kampanye “Keep Our Oceans Amazing.”

Kampanye tersebut diluncurkan secara global pada November 2022 sebagai bentuk dukungan dari 20th Century Studios dan The Walt Disney Company dalam rangka peluncuran film Avatar: The Way of Water, sekaligus untuk mendukung upaya pelestarian ekosistem laut dan pesisir.

Keberadaan mangrove yang sehat di kawasan pesisir pun dapat meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim serta meminimalkan dampak bencana alam, seperti tsunami, badai, dan gelombang laut. Peranan Indonesia dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim secara global amat besar, sehingga melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove merupakan langkah penting yang harus segera dilakukan secara bersama-sama.

© YKAN