Program Kelautan

Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan

CODRS
Pengukaran ikan layak tangkap Program fisheries Yayasan Konservasi Alam Nusantara mengkampanyekan program tangkap ikan berkelanjutan © YKAN

Luas total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta kilometer persegi. Sebanyak 3,25 juta kilometer persegi merupakan lautan, dengan luas 2,55 juta kilometer perseginya merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Luasan ZEE ini dibagi menjadi 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) yang memiliki karakteristik tersendiri, baik ekologi, sumber daya, infrastruktur, kapasitas sumber daya manusia, termasuk industrinya. Kondisi perairan Indonesia di semua WPP yang beriklim tropis terkenal kaya dengan jenis ikan laut bernilai ekonomi penting.

Namun, ikan yang bernilai tinggi, seperti kakap, kerapu, tuna dan spesies terkait lainnya, mengalami tangkapan berlebih. Hal ini menyebabkan sebagian besar spesies di wilayah perikanan ini telah menurun hingga kurang dari 20% biomassa murninya. Oleh karena itu, strategi pemanfaatan ikan di WPPNRI dan pengelolaan yang dilakukan berbasis masyarakat di area perikanan tradisional amatlah penting, agar sumber daya perikanan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.