Mangrove Planting
Keterangan Foto Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan Tugu Insurance menanam 100 bibit mangrove di Suaka Margasatwa (SM) Muara Angke, © Nugroho Arif Prabowo/YKAN

Perspektif

Melestarikan Surga Kecil di Pesisir Jakarta

Tahukah kamu kalau di Jakarta, masih ada satu surga alam kecil yang dapat kita lestarikan? Surga alam kecil ini adalah Suaka Margasatwa (SM) Muara Angke, Jakarta Utara.

Keterangan Foto Surga alam di pesisir Jakarta © YKAN

Terletak di pesisir utara Jakarta, SM Muara Angke menyimpan banyak kekayaan yang penting bagi masyarakat perkotaan. Sejak 2018, Balai Konservasi Sumber Daya Alam(BKSDA) Jakarta bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dan para pemangku kepentingan lainnya melalui kemitraan aliansi Mangrove Ecosystem Restoration Alliance (MERA) untuk melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove di SM Muara Angke.

Sebagai salah kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendukung restorasi ekosistem mangrove adalah dengan penanaman bibit mangrove. Pada Senin 13 Maret 2023, dalam rangka merayakan ulang tahun ke 41, Tugu Insurance turut mendukung upaya pelestarian mangrove ini melalui penanaman 100 bibit mangrove.

Keterangan Foto Penyerahan simbolis kerja sama antara BKSDA dengan YKAN dan Tugu Insurance. © YKAN

Dengan luas 25,02 hektare, SM Muara Angke, tercatat sebagai suaka margasatwa terkecil di Indonesia. Meskipun begitu, SM Muara Angke menjadi rumah bagi 8 spesies mangrove sejati dan habitat bagi aneka fauna, seperti buaya air asin, kadal, monyet ekor panjang, ular, serta menjadi daerah penting bagi burung di Jawa.

“Hari ini kita sangat senang sekali diberi kesempatan dan difasilitasi oleh BKSDA dan YKAN, sehingga kita bisa ikut berkontribusi melalui penanaman kembali mangrove di SM Muara Angke.. Kita juga mengajak seluruh masyarakat maupun korporasi untuk ikut serta berkontribusi dalam hal kelestarian alam”, ujar Direktur Keuangan dan Layanan Korporat Tugu Insurance, Emil Hakim.

Keberadaan mangrove yang sehat di kawasan pesisir dapat meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim serta meminimalisasi dampak bencana alam, seperti tsunami, badai, dan gelombang laut.

melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove merupakan langkah penting yang harus segera dilakukan secara bersama-sama.. Bagi kami, kolaborasi adalah kunci dalam setiap pelaksanaan program konservasi,” pungkas Direktur Pemasaran dan Pengembangan YKAN Ratih Loekito.

Keterangan Foto Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan Tugu Insurance menanam 100 bibit mangrove di Suaka Margasatwa (SM) Muara Angke, pada Senin (13/3). © Nugroho Arif Prabowo/YKAN