Perkebunan Sawit
Hamparan Kebun Sawit Perkebunan kelapa sawit mendominasi sektor pertanian di Berau sebanyak 92% dengan total sekitar 139 ribu ha per 2020. © YKAN

Perspektif

Pemutakhiran Data Perkebunan Kalimantan Timur

Dinas Perkebunan  Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengembangkan sistem pelayanan  berbasis teknologi informasi secara daring. Salah satunya adalah WebGis (pemetaan digital) yang diresmikan pada tahun 2017. Aplikasi ini dikembangkan untuk memudahkan instansi provinsi, kabupaten, dan kota untuk mengevaluasi, membina, sekaligus mengawasi perusahaan perkebunan.  Aplikasi ini juga dibuat untuk membantu mengelola database spasial Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur berbasis WebGIS yang dapat diakses secara daring, diperbaharui, dan dikembangkan secara berkala. Aplikasi ini merupakan bagian dari upaya dalam merealisasikan target mitigasi emisi gas rumah kaca .

Untuk menjadikan program WebGIS ini berkesinambungan, Dinas Perkebunan Kalimantan Timur melakukan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Aktivitas tersebut, antara lain; (1) Bekerja sama dengan Bappeda dan Kominfo dalam pengembangan infrastruktur web dan sebagai bagian One Data One Map; (2) Pelatihan dan sosialisasi sistem informasi pelaporan daring (SIPKebun); (3) Pelatihan dan pengisian Surat Persetujuan Penyaluran Benih Kelapa Sawit (SP2BKS) secara daring kepada Perkebunan Besar Swasta (PBS) dan koperasi/ masyarakat; (4) Pembaruan data yang lebih Informatif; (5) Pemetaaan rantai pasok kelapa sawit dari kebun hingga ke pelabuhan untuk dimasukan dalam webGIS; dan (6) Pelatihan sistem informasi geospasial perkebunan berbasis web tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan PBS.  Kini sejumlah organisasi perangkat daerah sudah berhasil mengisi dan melengkapi data spasial dan informasi perkebunan di wilayah kerja mereka. Data yang terinventarisasi tersebut sudah bisa diakses publik.

Gambar WebGIS Dinas Perkebunan Kaltim

Pengguna yang ingin mengakses WebGIS Perkebunan bisa mengunjungi situs Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (https://disbun.kaltimprov.go.id). Kemudian memilih thumbnail WebGIS Perkebunan di laman berikut (https://geospasialkebun.kaltimprov.go.id/index.php/home). Dari laman tersebut, pengguna bisa mendapatkan data daftar komoditas perkebunan, daftar organisme pengganggu tanaman, dan citra satelit lokasi perkebunan se-Kalimantan Timur. Namun, untuk data termutakhir, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. 

Adapun thumbnail Sistem Informasi Perkebunan, juga bisa diakses dari laman utama situs Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Akses lebih cepat jika langsung menuju ke alamat berikut https://sipkebun.kaltimprov.go.id. Aplikasi ini memudahkan Dinas Perkebunan Provinsi dalam memantau dan mengawasi laporan dari perusahaan perkebunan besar. Berdasarkan UU Perkebunan tahun 2014, perusahaan perkebunan yang sudah memiliki Izin Usaha Perkebunan diwajibkan memberikan laporan secara berkala ke pemerintah, yang dalam hal ini Dinas Perkebunan. Kehadiran SIP Kebun ini menjembatani perusahaan dan pemerintah agar proses pelaporan dapat berjalan dengan baik.