Albert Dethan
Nature Hero Albert Dethan © YKAN

Struktur Kepengurusan

Albert Dethan - Ketua LSM Pelita Kasih, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur

Nature Hero YKAN

Indonesia

  • Indonesia

    Nature Hero Yayasan Konservasi Alam Nusantara

  • Nature Hero

Biografi

Sebelum mendirikan LSM Pelita Kasih, Pak Albert bekerja di berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pendampingan masyarakat. Di antaranya sebagai fasilitator program PNPM. Beliau juga pernah menjalankan usaha perdagangan rumput laut sehingga sedikit banyak mengetahui seluk beluk perdagangan rumput laut di Rote.

Pak Albert memiliki visi yang sama dengan YKAN, sehingga tidak butuh waktu lama bagi YKAN dan Pak Albert, bersama LSM yang didirikannya, untuk bekerja sama. Selama hampir dua tahun menjadi mitra YKAN, beliau telah banyak berkontribusi bagi program. Seperti berhasil meyakinkan masyarakat (petani rumput laut) di desanya untuk tidak lagi melakukan praktik budidaya rumput laut yang merusak seperti mencungkil karang, mencabut tumbuhan lamun, dan menggunakan kayu mangrove sebagai tiang patok untuk bentanganan rumput laut.

Terutama untuk praktik menggunakan kayu mangrove sebagai patok bentangan dan mencabut tumbuhan lamun, hampir seluruh pembudidaya di Desa Oelolot tidak lagi melakukannya. Ia pun berhasil menjalankan tugasnya sebagai mitra untuk memberikan kegiatan-kegiatan pelatihan mengenai cara budi daya rumput laut yang sesuai dengan standar cara budi daya yang baik yang benar kepada para petani dan mendorong agar kegiatan budi daya rumput laut yang dijalankan masyarakat, masuk ke dalam rencana pembangunan desa (RPJMDes).

+ Tambahkan - Kurangi