Greener Environment
© YKAN

Perspektif

Kementerian Keuangan Mendukung Program Ekowisata dan Budi Daya Ramah Lingkungan

Upaya meningkatkan mata pencaharian masyarakat berjalan seiring dengan upaya perlindungan dan restorasi mangrove terus digaungkan oleh YKAN sejak 2019.

Desa Pegat Batumbuk dan Teluk Semanting di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur terpilih menjadi desa penerima dukungan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang diberikan melalui YKAN sejak tahun 2019 melalui program Shrimp Carbon Aquaculture (SECURE) dan Ekowisata Mangrove Berkelanjutan.

Pada Desember 2022, Kementerian Keuangan meresmikan kedua program di Desa Pegat Batumbuk dan Teluk Semanting sebagai Desa Sinergi Kementerian Keuangan.

Government Investment for Greener Environment © YKAN

Program SECURE bertujuan untuk memulihkan ekosistem mangrove secara alami sambil memberikan manfaat ekonomi pada pemilik tambak udang dan masyarakat setempat.  Melalui program ini YKAN bekerja sama dengan pembudidaya untuk memulihkan 50-80% tambak udang yang luas dan berproduktivitas rendah menjadi mangrove dan menggunakan area tersisa untuk meningkatkan sistem akuakultur.

Sementara itu, Program Ekowisata Mangrove Bekelanjutan diharapkan dapat mengembangkan pariwisata lokal yang bertujuan membuka akses untuk meningkatkan daya jual Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal, baik di bidang kuliner, akomodasi pariwisata, maupun kriya (pengembangan batik dengan pewarnaan alami mangrove). Selain itu, program Ekowisata Mangrove Berkelanjutan ini dapat meningkatkan biomasa ikan dan kepiting, serta mendukung pelestarian bekantan (Nasalis larvatus) yang merupakan satwa endemik Kalimantan. Melalui kolaborasi ini, semua pihak dapat berpartisipasi mendukung upaya konservasi alam di Kalimantan khususnya di wilayah mangrove.