Pemandangan Hutan Kalimantan Timur
Lanskap Pemandangan indah di Kalimantan Timur, Indonesia. © Nick Hall

Perspektif

Menyelaraskan Kebutuhan Ekologi dan Pembangunan

Pembangunan merupakan keniscayaan. Skenario mitigasi dalam perencanaan penggunaan lahan memungkinkan pembangunan dapat berjalan tanpa harus memberikan dampak lingkungan di kemudian hari.

Pembangunan seringkali dituding sebagai sumber utama rusaknya ekosistem yang mengakibatkan terlepasnya emisi karbon dan hilangnya habitat bagi kekayaan aneka ragam hayati. Upaya menyelaraskan kebutuhan ekologi dan pembangunan ini selalu menjadi isu hangat yang memenuhi ruang-ruang diskusi. Pemerinta Indonesia tengah memprioritaskan upaya penurunan emisi karbon dan menahan laju pemanasan global melalui berbagai strategi.

Salah satu strategi Indonesia mencapai nol emisi karbon (net zero emission) adalah menginisiasi FOLU Net Sink 2030 yang merupakan pencanangan pencapaian penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya. Pada September 2022, Indonesia juga menaikkan target Kontribusi yang Ditetapkan secara Nasional (Nationally Determined Contributions/NDC) menjadi 31,89 persen dengan upaya sendiri dan 43,20 persen dengan dukungan global pada 2030.

Opinion Editorial by Musnanda Satar