Sasi
Keterangan Foto Panen hasil sasi di Kampung Kapatcol, Raja Ampat, adalah tradisi memanen biota laut setelah masa larangan. © Adia Puja Pradana/YKAN

Perspektif

19 tahun kemitraan dengan dewan adat & lembaga keagamaan di Desa Kapatcol

Pendampingan YKAN di Kampung Kapatcol, Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat, membawa dampak yang sangat baik bagi masyarakat. Hal itu diakui oleh Yesaya Kacili, selaku pemuka agama di Kampung Kapatcol sekaligus Pendeta Gereja Kristen Injili (GKI) Elim Kapatcol.

Baca juga: Sinergi Empat Kampung untuk Kakao Fermentasi

Menurut Yesaya, program-program yang digagas oleh YKAN sejak tahun 2009 telah membawa banyak dampak positif dalam melestarikan laut di sekitar Kampung Kapatcol. Dulu, kata Yesaya, banyak biota laut yang nyaris punah akibat penangkapan hasil laut yang tidak ramah lingkungan, seperti penggunaan bom atau racun dan membongkar terumbu karang.“YKAN hadir membawa pemahaman yang mengubah perilaku masyarakat, dari yang  sebelumnya menggunakan potasium dan akar bore untuk mencari ikan, sekarang hanya menggunakan pancing. Bahkan, telah terbentuk kelompok perempuan Waifuna yang turut aktif menjaga kelestarian laut melalui tradisi sasi,” ujar Yesaya.

Generasi muda Kelompok Sasi Perempuan Waifuna, Yolanda Kacili (kiri) dan Yonance Hay (kanan), bersama hasil tangkapan mereka pada buka sasi di Kampung Kapatcol, Distrik Missol Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya, Senin, 25 Maret 2024.
Keterangan Foto Anggota kelompok sasi Waifuna, Kapatcol dengan hasil panen mereka. © Adia Pradana/YKAN
Keterangan Foto Yesaya Kacili, pemuka agama di Kampung Kapatcol sekaligus Pendeta Gereja Kristen Injili (GKI) Elim Kapatcol. © Adia Puja Pradana/YKAN

Pelibatan dewan adat suku Matbat dan lembaga keagamaan dalam kegiatan konservasi ini membuat dampak positif. “bBersama-sama dengan YKAN, kami memberikan pemahaman-pemahaman dan mencari solusi bagi masyarakat, sehingga mereka mengerti dan meninggalkan kebiasaan merusak yang selama ini mereka lakukan,” terangnya. Tak ayal, masyarakat menilai kemitraan bersama YKAN di Kapatcol sangat berharga, sebab mereka menjadi lebih memahami konsep pemanfaatan laut berkelanjutan dan merasakan dampak positif dari alam yang terjaga.