Kick off MESTI
© YKAN

Perspektif

Kemitraan untuk Kelestarian Alam Indonesia

YKAN dan UNIQLO berkolaborasi untuk mendukung program pengurangan limbah di perairan Indonesia. Salah target tujuan kolaborasi ini adalah menanggulangi masalah limbah wilayah perairan Taman Nasional Wakatobi. UNIQLO Indonesia meluncurkan rangkaian produk berbahan polyester daur ulang 100% yang menampilkan UNIQLO Global Sustainability Ambassador, Doraemon, dengan tampilan “Sustainability Mode” berwarna hijau.

Baca juga: Pendekatan SIGAP Perbaiki Tata Kelola di Kampung Gunung Sari dan Kampung Long Ayan

Pada kesempatan yang lain, YKAN bersama Chevron dan Pact meluncurkan Program Mangrove Sahabat Tambak Lestari (MESTI) di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, pada tanggal 6 September 2023.

Keterangan Foto YKAN dan UNIQLO berkolaborasi untuk mendukung program pengurangan limbah di perairan Indonesia. © YKAN
Keterangan Foto YKAN bersama Pact, dan Chevron meluncurkan Program Mangrove Sahabat Tambak Lestari (MESTI) di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai bagian dari Peluncuran Program MESTI. © YKAN

Dengan dukungan Chevron, Program MESTI akan berlangsung selama tiga  tahun di Kampung Pegat Batumbuk, Tabalar Muara, dan Suaran. Program MESTI bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati mangrove endemik dan spesies kunci, mengembangkan mata pencaharian alternatif untuk memperkuat mata pencaharian masyarakat pesisir, dan mempromosikan akuakultur berkelanjutan.

Bersamaan dengan Peluncuran Program MESTI, diselenggarakan juga Thought Leadership Forum (TLF) yang ke-29 dengan tema “Solusi berbasis alam dalam restorasi mangrove dan akuakultur berkelanjutan untuk ketahanan pesisir di Kabupaten Berau.”