Raja ampat
Telaga Cinta Karawapop Danau air asin yang diapit oleh tiga pulau besar di sebelah kiri dan kanan. Sementara satu pulau kecil di tengah lekukan. © Awaludinnoer

Perspektif

Masyarakat Adat Memajukan Konservasi

Meningkatnya permintaan akan pangan, energi, mineral, dan infrastruktur mendorong pembangunan ekstraktif dan berbasis komoditas ke wilayah-wilayah yang secara historis menghindari konversi skala besar.

Hal ini memiliki implikasi baik bagi Masyarakat Adat maupun tanah dan perairan yang mereka kelola, yang menyimpan sebagian besar keanekaragaman hayati dunia dan membantu mengurangi perubahan iklim global. Ini juga menekankan perlunya dukungan yang lebih besar terhadap kepengurusan Masyarakat Adat dan adopsi pendekatan konservasi yang transformatif berbasis hak-hak.

Masyarakat Hukum Adat (MHA) Punan Batu Benau Sajau Pengakuan MHA ini menjadi langkah awal untuk mendorong diusulkannya Hutan Batu Benau, wilayah tinggal mereka, sebagai hutan adat. Adanya legalitas ini menjadi landasan kepastian masa depan mereka, baik untuk ruang hidup maupun budaya.

Konservasi yang dipimpin oleh Masyarakat Adat akan menjadi bagian penting dalam melindungi 30% ekosistem laut, air tawar, dan daratan dunia pada tahun 2030, sebuah tujuan ambisius yang disepakati oleh hampir 200 negara pada bulan Desember lalu sebagai bagian dari Kerangka Kerja Keanekaragamangan Hayati Global (Global Biodiversity Framework/GBF).

Baca juga: Dukungan Perlindungan Laut Lewat Festival Adat Munara Beba Byak Karon

Pada Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia 2023 yang jatuh pada tanggal 9 Agustus dengan tema “pemuda adat sebagai agen perubahan untuk penentuan nasib sendiri’ ini, Yayasan Konservasi Alam Nusantara/YKAN mendorong keterlibatan masyarakat adat khususnya kaum pemuda dalam pengelolaan sumber daya alamnya secara Lestari. Program pengelolaan masyarakat adat dapat dilaksanakan dengan memperhatikan tiga unsur utama yaitu Hak, Keterwakilan dan Modal.

Deklarasi Suku Byak Karon Penguatan MHA dengan memadukan pengetahuan tradisional dan modern menjadi kunci dalam melestarikan keanekaragaman hayati dan membangkitkan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Download

Perempuan Penjaga Bahari

Pengelolaan sasi di Kapatcol berbeda dengan lainnya, karena dilakukan oleh perempuan. Awalnya sasi hanya melibatkan lelaki.

Unduh