Lokakarya Pembelajaran dan kepeminpinan perempuan
© YKAN

Perspektif

Ketika Perempuan Penjaga Alam Bersatu

Bulan Juni 2023 menjadi momentum bersatunya para perempuan laut dan perempuan hutan yang bekerja sama dengan YKAN. Mereka bukan saja jawara program hutan maupun program laut di mana YKAN bekerja, tetapi mereka pun bagian dari MHA di wilayah masing-masing.

Sebanyak 26 peserta dari 3 Kabupaten di Indonesia mengikuti  lokakarya pertukaran pembelajaran dan kepemimpinan perempuan di Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca juga: Tempuh Ribuan Kilometer, Lewati Rintang, untuk Masa Depan

Keterangan Foto Foto bersama peserta lokakarya "Pembelajaran dan Kepemimpinan Perempuan", Samarinda, 29 Mei - 1 Juni 2023. © YKAN

Selama empat hari (29 Mei hingga 1 Juni 2023) mereka berbagi tentang capaian dan tantangan sebagai individu, kelompok atau organisasi. Lokakarya ini juga memberikan materi mengenai kepemimpinan dan cara membangun kepercayaan diri. Materi ini dianggap penting  karena dalam proses pendampingan di lapangan, salah satu hambatan kepemimpinan perempuan adalah rendahnya kepercayaan diri. Secara umum perempuan merasa dirinya bukan pemimpin atau tidak layak menjadi pemimpin karena faktor budaya yang men-subordinasi dan meminggirkan perempuan.

Lokakarya ini juga menjadi ajang tukar menukar informasi, pengalaman, berjejaring serta memberikan motivasi di antara para peserta untuk tetap melanjutkan upaya mereka menjaga dan melindungi alam di wilayahnya masing-masing.